Info Sekolah
Sabtu, 05 Des 2105
  • | UNGGUL | KOMPETITIF | BERAKHLAQUL KARIMAH |
  • | UNGGUL | KOMPETITIF | BERAKHLAQUL KARIMAH |

PERPUSTAKAAN SMP KHADIJAH

  • banner3-1
    11
  • banner2-2
    22
  • ref2
    33
  • ref1
    44
  • banner3
    55
  • banner2
    66

Profil  Perpustakaan SMP Khadijah

1. Nama Perpustakaan : Perpustakaan SMP Khadijah

2. NPP                         : 3578041D2008751

3. Alamat                      : Jl. A. Yani 2-4 Surabaya

Desa                            : Wonokromo

Kecamatan                    : Wonokromo

Kab/Kota                       : Surabaya

Provinsi                        : Jawa Timur

4. Kode Pos                  : 60243

5. No. Telp                    : 031-8292851

6. Email                          : perpussmpkhadijah@gmail.com

7. Instagram                  : @perpussmpkhadijah

Sejarah Singkat Perpustakaan SMP Khadijah

Perpustakaan SMP Khadijah awal berdiri sekitar pada tahun 1990. Mulai saat pendirian sampai saat ini, gedung perpustakaan sudah mengalami beberapa kali perpindahan lokasi juga melakukan perbaikan gedung serta pengembangan fasilatas dan sarana prasarana. Hal tersebut demi meningkatkan pelayanan perpustakaan dan kenyamanan pemustaka.  Gedung perpustakaan saat awal berdiri terletak di lantai tiga berada dekat dengan laboratorium. Kemudian berpindah di lantai dasar berada di sebelah ruang bimbingan konseling. Pada tahun 2009, tepatnya pada 29 Juni 2009 perpustakaan berpindah lokasi kembali dengan gedung permanen sendiri yang terletak di lantai dasar diantara kelas, kantin, ruang bimbingan konseling dan kantor guru. Pengesahan perpustakaan dilakukan oleh Ketua Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Khadijah pada saat itu yakni Ibu Khofifah Indar Parawansa. Dengan lokasi perpustakaan yang ditengah-tengah lalu lalang masyarakat sekolah, menjadikan perpustakaan menjadi tempat yang strategis dan mudah dijangkau. Perpustakaan SMP Khadijah Surabaya berdiri di atas lahan seluas ­­±102,6 m­­2 dengan konsep interior modern dan ditambah dengan lokasi pojok baca di lantai 2 ­­ ±64 m­­2.

Visi Misi Perpustakaan

  1. Visi Perpustakaan :

Terwujudnya SDM yang literat, berprestasi dan inovatif.

  •  Misi Perpustakaan :
  • Menanamkan dan membudayakan membaca, menulis dan berpikir kritis
  • Memberikan layanan terbaik untuk kepuasan seluruh anggota
  • Melengkapi perpustakaan dengan inovasi teknologi digital

Mendukung kurikulum pendidikan nasional

Jam Buka Perpustakaan

Pelayanan Perpustakaan SMP Khadijah Surabaya  meliputi layanan sirkulasi, baca di tempat, serta pemenuhan informasi melalui media internet.

Jam buka perpustakaan dilakukan selama jam kerja yaitu :

Senin-Kamis        : Pkl. 06.00 – 16.00 WIB

Jum’at                 : Pkl. 06.00 – 15.00 WIB

Tata Tertib

  • Tata tertib layanan
  • Layanan peminjaman dilakukan kepada anggota perpustakaan
  • Jumlah buku yang dipinjam maksimal 3 buah.
  • Masa pinjam 7 hari dengan perpanjang buku yang sama 1 kali.
  • Sanksi terhadap pelanggan

Apabila pengunjung atau peminjam menghilangkan, merusakkan, melanggar peraturan dikenakan sanksi sebagai berikut :

  1. Apabila buku rusak, maka peminjam harus mengganti buku yang sama atau sejenis.
  2. Apabila buku hilang, harus mengganti buku yang sama atau sejenis.

Apabila terlambat mengembalikan buku, maka diberi sanksi selama total hari yang dilanggar dan denda sebesar Rp. 2000/hari/buku.

STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN SMP KHADIJAH

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 Tugas masing-masing personalia perpustakaan adalah sebagai berikut.

1. Kepala Sekolah

Perpustakaan sekolah berada di bawah tanggung jawab kepala sekolah.

2. Kepala Perpustakaan

Kepala perpustakaan bertugas mengatur, mengevaluasi kegiatan perpustakaan, membuat program kegiatan, dan bertanggung jawab kepada sekolah.

3. Koordinator Bidang Pelayanan (Teknis dan Pengguna)

Koordinator Bidang Pelayanan (Teknis dan Pengguna) bertugas melakukan pengolahan bahan pustaka dan memberikan pelayanan kepada pengguna perpustakaan.

4. Koordinator Bidang Keuangan

Koordinator Bidang Keuangan membantu dalam hal mengatur kebutuhan keuangan perpustakaan, baik untuk pembaharuan koleksi maupun inventaris yang dibutuhkan di perpustakaan.

5. Koordinator Bidang Teknologi Informasi (TI)

Koordinator Bidang Teknologi Informasi memiliki tugas dalam hal pengelolaan pada teknologi dan informasi perpustakaan demi kelancaran kegiatan administrasi dan pelayanan perpustakaan.

6. Sahabat Perpustakaan

Sahabat perpustakaan adalah siswa yang diberi tanggungjawab untuk menjadi panjang tangan pustakawan dalam melakukan kegiatan atau program perpustakaan, yang dipilih melalui program literasi NURANI.   

Layanan

Perpustakaan SMP Khadijah Surabaya menerapkan sistem layanan terbuka dimana pengguna bebas mengakses buku yang disediakan di rak buku dan sistem layanan tertutup dimana pengguna mengakses buku melalui petugas perpustakaan.

Jenis layanan  :

  1. Layanan Sirkulasi
  2. Layanan Koleksi Umum
  3. Layanan Koleksi Khusus
  4. Layanan Koleksi Elektronik
  5. Layanan Referensi
  6. Layanan Baca ditempat
  7. Layanan Internet
  8. Layanan Audio Visual
  9. Layanan Bimbingan Pemustaka
  10. Layanan Silang Layan
  11. Layanan Penyedia Dokumen
  12. Layanan Anak

Rekap Koleksi

Jenis KoleksiJumlah
          Judul     Eksemplar
Koleksi Cetak48945458
Koleksi Referensi656777
Koleksi Khusus267288
Koleksi Elektronik371371
Surat Kabar dan Majalah41013

PRESTASI

JUARA 2 LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGKAT SMP/MTs SE-KOTA SURABAYA

TAHUN 2020

Alhamdulillahirabbil ‘alamin…

Perpustakaan SMP Khadijah Surabaya tahun ini dinobatkan sebagai juara 2 lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP/Mts tahun 2020 se-Kota Surabaya. Perpustakaan SMP Khadijah Surabaya adalah satu-satunya sekolah swasta yang bisa masuk ke 5 besar. Meskipun pada masa pandemic, hal tersebut tidak melunturkan semangat kami untuk terus berinovasi dan berprestasi demi meningkatkan budaya literasi.  “Perpustakaan SMP Khadijah Surabaya sudah sangat baik, terus berinovasi untuk mewujudkan perpustakaan digital seutuhnya agar menjadi perpustakaan milenial.” ujar ketua dewan juri lomba.

Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam mensukseskan lomba perpustakaan kami.

DOKUMENTASI KEGIATAN

Layanan Sirkulasi

Layanan Sirkulasi adalah layanan peminjaman, pengembalian dan perpanjangan peminjaman koleksi buku perpustakaan. Layanan Sirkulasi Perpustakaan SMP Khadijah telah terotomasi digital secara online.  

Layanan Referensi

Layanan referensi adalah layanan pemanfaatan koleksi referensi atau koleksi rujukan. Layanan ini menggunakan sistem tertutup dimana dalam mengaksesnya pengguna harus terlebih dahulu menghubungi petugas perpustakaan.

Layanan Baca di tempat

Layanan baca di tempat yakni perpustakaan menyediakan tempat untuk membaca dan belajar secara mandiri maupun berkelompok. Perpustakaan menyediakan meja dan kursi baca untuk kenyamanan pengguna perpustakaan.

Layanan Bimbingan Literasi

Layanan ini melayani pengguna dalam pencarian informasi mengenai literasi informasi-informasi lain terkini yang diinginkan, bimbingan mengenai perpustakaan dan koleksi perpustakaan.

Kegiatan Literasi Kelas

Kegiatan literasi kelas dimana siswa melakukan pembelajaran di perpustakaan yang didampingi oleh guru mata pelajaran untuk mencari literatur-literatur yang tersedia pada koleksi perpustakaan. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan kegemaran membaca siswa dan meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Recent Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
Desember 2024
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031