KURIKULUM SMP
KHADIJAH
I.
KURIKULUM
NASIONAL
a. KURIKULUM
MERDEKA
Kurikulum dengan pembelajaran yang memberikan keleluasaan
kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan
kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Adapun Karakteristik Kurikulum
Merdeka diantaranya:
·
Pengembangan Soft Skills dan
Karakter
·
Fokus pada Materi Esensial
·
Pembelajaran yang fleksibel
Di
dalam kurikulum merdeka terdapat Projek
untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila, dikembangkan
berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut
tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga
tidak terikat pada konten mata pelajaran.
Implementasi Kurikulum
Merdeka dilakukan Secara Mandiri, SMP Khadijah masuk pada kategori Mandiri
Berubah, adapun struktur dan muatan kurikulm merdeka diimpelementasikan opada
jenjang kelas 7 dan 8, pada tahun pelajaran 2023/2024.
b. KURIKULUM
2013
Struktur dan Muatan
Kurikulum SMP Khadijah Surabaya mengikuti Kurikulum 2013 untuk jenjang kelas 9
pada tahun pelajaran 2023/2024. Struktur dan Muatan Kurikulum 2013 sebagaimana
tertera dalam Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014.
c. KURIKULUM
MUATAN LOKAL
Muatan lokal dan
kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum
pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Kebijakan nasional yang berkaitan
dengan dimasukkannya muatan lokal dalam Standar Isi dilatarbelakangi oleh
kenyataan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas berbagai daerah
yang beragam kondisi geografis, sumber daya alam, dan masyarakatnya (sumber
daya manusianya) dengan latar belakang sejarah dan budaya yang berbeda-beda.
Menyikapi kondisi tersebut, SMP Khadijah perlu memberikan wawasan yang luas
kepada peserta didik tentang kekhasan yang ada di lingkungannya melalui
pembelajaran muatan lokal dengan tidak lupa memperhatikan kebutuhan siswa.
Adapun bidang studi yang menjadi muatan lokal
di SMP
Khadijah adalah Bahasa Daerah (Jawa).
II.
SEKOLAH BERLABEL CIEC
(Cambridge
International Examinations Center).
SMP Khadijah menjadi pusat
sertifikasi Cambridge atau CIEC (Cambridge International Examinations Center).
Sertifikasi Cambridge merupakan salah satu program pendidikan yang diadakan
oleh University of Cambridge. Bentuk ujian dalam program ini adalah ujian tertulis
seperti Ujian Nasional yang mencakup tiga
mata pelajaran yaitu English as a Second
Language (ESL), Scinece, Mathematics. Siswa
yang lulus ujian sertifikasi Cambridge ini selanjutnya akan mendapat sertifikat
resmi dari University of Cambridge, dimana sertifikat
ini diakui oleh seluruh dunia.
III.
KURIKULUM AGAMA (YAYASAN
KHADIJAH)
Salah satu bentuk
keunggulan SMP
Khadijah yang sampai saat ini masih menjadi komponen penting di antaranya
adalah kemampuan dan konsistensi untuk terus mempertahankan pola pengajaran dan
pendidikan agama yang diajarkan dan diwariskan oleh pendiri Yayasan Khadijah
Almaghfurlah KH. Abdul Wahab Turcham, diantara mata pelajaran
yang diajarkan adalah Al-Qur’an dan Hadits, Akidah dan Akhlaq, Ilmu Fiqh, Tarikh Islam, Pendidikan Ahlussunnah
wal Jamaah dan Ke-Nu-an serta Bahasa Arab. Adapun sumber
pembelajaran masih menggunakan kitab turats ala pesantren seperti Kitab
‘Aqidatul Awwam, Kitab Hadis Al-Arba’in Al-Nawawiyyah, Kitab Mabadi’ ‘Ilm
Al-Tajwid karangan Almaghfurlah KH. M. Basori Alwi), Kitab Tajwid karangan
Almaghfurlah KH. Abdul Wahab Turcham, Kitab Matan al-Ghayah wa Al-Taqrib, Kitab
Khulashoh Nurul Yaqin dan lain-lain.